Standar Emisi Euro 4 Isuzu

standar emisi euro 4

STANDAR EMISI EURO 4 ISUZU

Standar Emisi Euro 4 ISUZU dicanangkan sejak April 2022 silam sejalan dengan regulasi pemerintah dan anjuran asosiasi otomotif dunia akan regulasi emisi gas buang berstandar EURO.

Standart Emisi gas buang EURO (Euro Emision Standart) merupakan standart emisi gas buang yang di keluarkan oleh European Union yang bertujuan untuk memperkecil dampak pencemaran yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor.

Standar Emisi Euro 4 Isuzu sudah menerapkan sesuai dengan anjuran tersebut pada unit unit mobil yang diproduksi dan yang dipasarkan diantaranya :

Standar Emisi Euro 4 Isuzu Dmax dan Mux sudah lebih dulu menggunakan nya, karena variant tersebut tidak hanya digunakan di Indonesia tetapi sudah di pasarkan di seluruh Dunia, dan untuk variant Isuzu Mux yang dipasarkan di Eropa standar emisi nya lebih tinggi lagi.

Standart emisi EURO digunakan untuk membatasi emisi kendaraan bermotor yang manusia gunakan dan berdampak pada lingkungan yang memiliki banyak zat berbahaya seperti :

Karbon Monoksida ( CO )
Nitrogen Osida ( NoX )
Hydro Carbon ( HC )
Particullar Matter ( PM )
Semakin tinggi standart Euro yang ditetapkan, maka semakin kecil batas kandungan zat zat tersebut.

Standar Emisi Gas buang di berbagai negara

Pemerintah mencanangkan standart Emisi ini karena ingin memiliki komitmen untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 26% pada tahun 2020 mendatang, yang ketika itu diungkapkan pada pertemuan di PITSBURG ( Amerika serikat ) pada 2019 silam. Selain itu Indonesia berusaha mengejar ketertinggalan dari negara lain dimana sudah menerapkan standart EURO 4 bahkan sampai EURO 6.

Dari bahasan diatas terhadap kelangsngan bisnis otomotif di Indonesia tentulah ISUZU sangat konsern dan telah siap untuk memberikan Produk dan pelayanan terbaik kepada pelanggannya. untuk itu ISUZU telah menyiapkan semua type dan Variant yang telah memiliki mesin dan spesifikasi kendaraan EURO 4

Bagaimana Standar Emisi di Indonesia

Pada saat ini Indonesia masih menggunakan baku mutu EURO 2 untuk mesin Diesel, berdasarkan KepMen Lingkungan hidup no.141/ 2003 ternatng ambang batas emisi gas buang kendaraan bermotor yang sedang diproduksi.

Dan pada tahun 2022 ini dimulai bulan April Indonesia menuju kepada EURO 4 , berdasarkan PerMen LHK No. P20/ MENLKH/ SETJEN KUM.1/ 3/2017 Tentang bakumutu Emisi gas buang kendaraan bermotor katagori M, N & O.

Standart baku mutu Euro 4 di Indonesia

Berdasarkan tabel index bakumutu yang tertera dalam PerMen LHK No. P20/ MENLHK/ SETJEN KUM.1/ 3/2017 tentang bakumutu emisi gas buang kendaraan bermotor kategori M,N dan O adalah sebagai berikut :

Standart baku mutu Euro 4 di Indonesia
Standart baku mutu Euro 4 di Indonesia

Dari bahasan di atas sudah di teragkan bagaimana pengaruh emisi gas buang kendaraan bermotor yang sekarang ini terjadi sangat menjadi perhatian dan konsentrasi tidak hanya oleh pemerintah dan pemerhati lingkungan, tetapi sudah menjadi ISSUE global tentang bagaimana keberlangsungan hidup dimasa yang akan datang.

Untuk itu Indonesi sebagai negara yang sedang berkembang yang memiliki banyak sekali bidang Industri dan perdagangan yang memerlukan banyak alat transportasi khususnya kendaraan bermotor, untuk itu Indonesia mau tidak mau menjadi bagian dari ISSUE global mengenai linegkungan Hidup terutama Polusi Udara kendaraan bermotor.

Scroll to Top