Common rail MESIN DIESEL

MESIN COMMON RAIL ISUZU

Mesin Common Rail ISUZU – Cara kerja Common rail pada mesin Diesel ISUZU pada dasarnya hampir sama dengan cara kerja EFI ( Electronic Fuel Injection ) pada mesin Bensin. dan tekhnologi tersebut banyak beredar menggantikan tekhnologi karburasi pada mesin mesin konvensional.

mesin common rail isuzu

Mobil bermesin bensin memiliki teknologi EFI sebagai injeksi bahan bakar, maka mesin DIESEL ISUZU mempunyai tekhnologi mesin COMMON RAIL. mesin dengan tekhnologi Common Rail merupakan Revolusi atau pengembangan dari mesin Diesel konvensional.

mesin common rail isuzu

Prinsip kerja mesin Common Rail pada dasarnya adalah pengaturan Timming agar Bahan Bakar dapat di injeksikan sesuai dengan kebutuhan mesin.

Cara kerja mesin Common Rail

Cara kerja common rail bermula pada Bahan Bakar yang tersimpan di Fuel Tank dihisap oleh High Preasure Pump, setelah melalui High Preasure Pump tekanan bahan bakar berangsur angsur naik hingga pencapai High Preasure accumulator atau Pipa Rail.

mesin common rail isuzu

proses berikitnya EDC atau ECU mengatur agar Timing atau Durasi Injeksi bahan bakar tetap sesuai dengan kebutuhan mesin sesuai kondisi dan medan jalan.

Common Rail sistem

Mesin Common Rail ISUZU – Pada Sistem ini Fungsi dari Injection Pump digantikan Oleh Rail, Pada sistem common rail, bahan bakar dari tangki bahan bakar disuplai ke akumulator. Bahan bakar ini kemudian dikirim melalui pipa ke injectors (rail), yang kemudian disuntikkan ke dalam ruang pembakaran melalui nosel.

Pada Generasi awal Tekanan Bahan bakar sistem commonrail mencapai 600-800 Bar, Sedangkan pada generasi ketiga common rail diesel menggunakan injector piezoelektrik untuk meningkatkan presisi, dengan tekanan bahan bakar hingga 1.800 bar atau 26.000 ps.

mesin common rail isuzu

Beberapa Keuntungan Dari Common rail :

  • Dengan tekanan injeksi (pengabutan yang sangat tinggi maka efisiensi dari mesin akan lebih tinggi ( efisinsi lebih tinggi tentunya bahan bakar akan semakin irit dan tenaga jauh lebih baik).
  • Mesin diperoleh getaran dan suara yang lebih halus.
  • Unit dilengkapi dengan Control electronik ( ECU ) sehingga waktu pengabutan, timing pengabutan dapat dengan mudah dimanipulasi oleh Piggy back untuk diperoleh tenaga yang lebih baik.

Mesin Direct Injection

Mesin Common Rail Isuzu – Sesuai Namanya Injeksi Langsung Pada Diesel jenis Ini, Sudah tidak memakai Kamar terpisah, akan tetapi konstruksinya sudah mirip seperti mobil bensin dimana letak nosel langsung di ruang bakar. dimana ketika langkah isap dan kemudian dilanjutkan langkah kompresi maka Bahan bakar Solar disemprotkan oleh nosel.

mesin common rail isuzu

Pada beberapa varian diesel direct injection juga dilengkapi dengan glow plug atau busi pemanas seperti pada mesin indirect injection. Hal ini tergantung sepenuhnya dari desain masing masing pabrikan.
Contohnya pada mesin Isuzu Panther 2500 tipe 4JA1 dia adalah tipe Mesin Diesel Direct Injection Tanpa busi Pemanas.

Pada Mesin Diesel Isuzu yang lama Mekanime Semprotan Diatur oleh Injection Pump atau kalau bahasa montirnya sering kita dengar Istilah BosPom. Injection Pump adalah Sebuah Pompa Injeksi yang memompa bahan bakar ke silinder mesin diesel.

Secara tradisional, pompa injeksi didorong langsung dari poros engkol dengan roda gigi, rantai atau sabuk bergigi (sering timing belt) yang juga mendorong camshaft. Berputar pada kecepatan setengah poros engkol dalam mesin empat-stroke konvensional.

Waktu penyemprotan bahan bakar hanya beberapa derajat sebelum sebelum Titik Mati Atas. Waktu penyemprotan biasanya kita dengar dengan Timing Pengabutan, Timing Pengabutan bisa dimajukan atau diundurkan sesuai dengan keinginan kita yang akan berpengaruh pada performa Mesin ( Kapan Kapan Kita ulas ya …). Besarnya sistem tekanan injeksi dapat setinggi 200 Bar (sekitar 3000psi).

isuzuelf
isuzuelf
Articles: 52