CRANE TRUK ISUZU

CRANE TRUK ISUZU

CRANE TRUK ISUZU

      Crane Truk Isuzu memiliki beberapa keunggulan dalam hal ketahanan mesin dan chassis, sehingga banyak aplikasi Truk Crane menggunakannya. diantara unit Isuzu yang digunakan adlah Isuzu ELF NMR 71 HD dan Isuzu Giga FVR serta Isuzu Giga FVM

    Crane Truk Hidrolik atau Truk Crane adalah alat berat ( heavy equipment ) yang dipakai sebagai alat pengangkat dalam proyek kontruksi atau kebutuhan lainnya. Truk Crane atau truk hidrolik bekerja dengan mengangkat material yang bakal dipindahkan, memindahkan dengan cara horizontal, lalu menurunkan material di tempat yang dikehendaki. Alat ini memilki bentuk serta kekuatan angkat yang besar serta dapat berputar sampai 360 derajat serta jangkauan sampai beberapa puluh meter. Truk Crane umumnya dipakai dalam pekerjaan proyek, pelabuhan, perbengkelan, industri, pergudangan dan lain-lain

Beberapa lokasi pekerjaan yang pekerjaannya bisa diselesaikan atau dibantu prosesnya dengan Truk hidrolik/Truk crane:

Pekerjaan proyek
Pelabuhan
Bengkel
Pabrik
Gudang
dll.

Pada prinsip kerjanya Crane memiliki kesamaan dan fungsi yang telah direncanakan secara engineering di desain sesuai tempat dan kebutuhannya. pada jenis truk Crane menggunakan 3 jenis type crane, yakni :

  • Crane Lipat
  • Crane Telescopic
  • Crane Articulated

     Truk Crane memiliki sedikit perbedaan dengan Mobil Crane secara fungsi. Jika pada Mobil Crane digunakan untuk mengangkat orang dengan beban maksimal 200 Kg, truk hidrolik mampu mengangkat beban jauh di atas nilai tersebut. Mobil Crane biasanya digunakan untuk pekerjaan pada ketinggian seperti pemangkasan ranting pohon, pembersihan kaca gedung, pengecatan, instalasi lampu, pemasangan stiker, perbaikan atap dan lain-lain. Sedang truk hidrolik umum digunakan untuk mengangkat atau memindahkan barang (bisa apa saja) yang tidak mungkin dilakukan oleh tenaga manual.

CRANE TRUK JENIS LIPAT

    Crane truk jenis Lipat juga menjadi pilihan lain, karena mempunyai kekuatan yang lebih besar di bandingkan Jenis Crane truk Telescopic. kelebihannya Cran truk jenis Lipat adalah mampu mengangkat beban yang lebih berat dari pada jenis telescopic hanya saja crane Lipat membutuhkan area yang lebih besar, karena iti kurang efisien dalam pemakaian tempat pada kendaraan truknya.

CRANE TRUK JENIS TELESCOPIC

     Crane jenis ini Umumnya user banyak menngunakan Crane pada truk dengan jenis Telescopic, karena mempunya Fleksibilitas yang baik serta dapat efisien pada ruang geraknya dan jangkauan yang lebih panjang.

CRANE TRUK JENIS ARTICULATED

     Crane truk jenis ini jarang di gunakan pada truk kecil, biasanya digunakan pada truk besar dan dengan kendaraan khusus. pada umumnya Crane truk jenis ini jarang di gunakan, karena bentuk nya yang kurang effisien dan memakan tempat yang cukup luas.

crane truk isuzu

Spesifikasi Truk Hidrolik/Truk Crane

      Kapasitas truk hidrolik yang miliki kapasitan angkat beban hingga 7 ton, dengan jangkauan telescopic boom hingga 21 meter. Namun perlu diketahui bahwa semakin tinggi telescopic boom digunakan kemampuan angkat beban akan semakin berkurang. Jadi Truk Crane tidak bisa mengangkat beban hingga 5 ton di ketinggian 20 meter misalnya. Untuk bisa mengangkat hingga beban maksimal, telescopic boom harus tetap di kerendahan.

Dari informasi di atas dapat di simpulkan bahwa, ada perbedaan mendasar antara Truk Hydrolic Crane dan Crane mobil, yang masing masing memiliki fungsi dan kemampuan dan perbedaan yang mendasar.

pada artikel ini kita hanya fokus membahas Crane mobil, yang mana sering di gunakan sebagai sarana angkut barang sekaligus mengangkat nya, sehingga kemampuan truk jenis ini sangat fleksibel, bisa sebagai penganngkut barang untuk memindahlan dari tempat satu ke tempat yang lainnya juga sekaligus mengangkatnya dari truk ke tempat tujuan atau sebaliknya.